Wednesday, June 29, 2022
maspewe.id
  • Bisnis
    Kebiasaan Gen Z Saat Bermedia Sosial yang Perlu Diketahui Pemilik Usaha

    Kebiasaan Gen Z Saat Bermedia Sosial yang Perlu Diketahui Pemilik Usaha

    Perkembangan Bisnis UMKM di Indonesia

    Perkembangan Bisnis UMKM di Indonesia

    Trending Tags

    • Backpacker
    • Gear
    • Resources
    • Solo Travel
    • Tips
    • Trip Plan
    • Food
  • Travel
  • Lifestyle
  • Kuliner
  • Motivasi
  • Fotografi
  • Kesehatan
  • Properti
  • Teknologi
No Result
View All Result
maspewe.id
  • Bisnis
    Kebiasaan Gen Z Saat Bermedia Sosial yang Perlu Diketahui Pemilik Usaha

    Kebiasaan Gen Z Saat Bermedia Sosial yang Perlu Diketahui Pemilik Usaha

    Perkembangan Bisnis UMKM di Indonesia

    Perkembangan Bisnis UMKM di Indonesia

    Trending Tags

    • Backpacker
    • Gear
    • Resources
    • Solo Travel
    • Tips
    • Trip Plan
    • Food
  • Travel
  • Lifestyle
  • Kuliner
  • Motivasi
  • Fotografi
  • Kesehatan
  • Properti
  • Teknologi
No Result
View All Result
Plugin Install : Cart Icon need WooCommerce plugin to be installed.
maspewe.id
No Result
View All Result

Perkembangan Bisnis UMKM di Indonesia

maspewe.id by maspewe.id
10/12/2020
in Bisnis
0

Penerapan strategi pemasaran digital yang tepat di tengah pandemi seperti sekarang ini jadi hal yang penting untuk dilakukan, terutama bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, sebagai pebisnis yang terdampak Covid-19, sudah seharusnya mereka mendapatkan pendampingan bisnis. Salah satunya yang berkaitan dengan promosi secara online. Jadi, apa saja upaya pemerintah dalam pendampingan bisnis UMKM di Indonesia?

Perkembangan Bisnis UMKM di Indonesia

Di Indonesia, pengembangan dan pendampingan bisnis bagi usaha kecil dan menengah masih memiliki peluang besar untuk dimaksimalkan. Apalagi jika melihat potensi pasar di Indonesia, khususnya untuk UMKM yang peluangnya masih sangat besar. Dengan pendampingan bisnis untuk UMKM secara tepat, maka dapat memajukan sektor bisnis UMKM di Indonesia.

Karakter setiap UMKM pasti berbeda, sehingga masalah dan tantangan yang dihadapi juga berbeda. Selain itu, karakter setiap pelaku usaha pun berbeda-beda. Perbedaan karakter ini membuat pendampingan yang akan dilakukan harus disesuaikan dengan karakter tersebut.

Orang yang ditunjuk sebagai pendamping yang mengurusi masalah pemasaran digital yang dilakukan melalui webinar juga harus mengerti kondisi UMKM. Hal ini bertujuan agar mereka dapat memberikan saran dan masukan yang tepat pada masing-masing UMKM, Mereka pun harus bisa menyikapi dengan bijak setiap perbedaan dari masing-masing usaha, sehingga bisa memberikan solusi terbaik bagi masalah yang sedang dihadapi.

Kebutuhan konsumen yang dinamis menjadi tantangan sekaligus peluang bagi keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Situasi tersebut menuntut perusahaan untuk  dapat beradaptasi dengan kondisi pasar yang selalu berubah setiap saat. Sehingga, survei pasar perlu dilakukan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi terkini di lapangan. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan informasi terbaru berdasarkan kondisi di lapangan yang nantinya dapat digunakan  untuk menyusun strategi pemasaran berikutnya.

Tidak hanya melakukan riset pasar saat ini, perusahaan juga harus mampu menganalisa kondisi pasar di masa yang akan datang, apalagi di masa pandemi seperti ini. Sehingga, perusahaan mampu menentukan strategi alternatif untuk menghadapi tantangan bisnis di masa depan.

Tugas besar lainnya sebagai konsultan, yaitu membuat desain kuesioner, menemukan metode pengambilan data, analisis data, interpretasi dan pelaporan masalah dalam bentuk laporan akhir dan juga memberikan pendampingan jika ada masalah dalam pemasaran digital melalui webinar kepada UMKM dan pelaku bisnis lainnya.

Namun, pelaku usaha menengah seperti UMKM tentu membutuhkan penjelasan yang mudah agar bisa dipahami. Dalam hal ini, pendamping yang bertugas menyediakan jasa pengembangan dan mendampingi jika ada  masalah dalam pemasaran digital melalui webinar dan harus mampu menjelaskan kepada mereka dengan bahasa yang mudah, agar tujuan serta  target bisnisnya tercapai.

Pendamping dalam pendampingan masalah pemasaran digital melalui webinar sangat penting mengingat sektor UMKM di Indonesia memiliki potensi pasar yang baik. Tentunya, pendamping dapat betul-betul memfasilitasi dan mendampingi para pelaku usaha agar sektor bisnis dapat berkembang dengan baik. Harapannya, pendamping dapat membantu pemerintah mendukung program UMKM di Indonesia.

Upaya Pemerintah dalam Pendampingan Bisnis UMKM di Indonesia

Upaya pemerintah mendukung kemudahan berusaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ditunjukkan dengan berbagai cara antara lain :  

  • Kemudahan yang diberikan oleh pemerintah seperti menyederhanakan prosedur perizinan melalui One Single Submission (OSS). 
  • Memberi keringanan biaya perizinan bagi pembentukan Usaha Kecil dan pembebasan biaya perizinan bagi Usaha Mikro serta dukungan pembiayaan yang terjangkau bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK).
  • Saat UMKM sudah terbentuk, dalam pengelolaannya  pemerintah juga hadir memberi penyederhanaan administrasi perpajakan, insentif pajak dan kepabeanan. 
  • Pemerintah juga menyediakan bantuan dan pendampingan hukum bagi UMK, pelatihan dan pendampingan sistem aplikasi pembukuan dan pencatatan keuangan UMK.
  • Untuk upah, ditentukan kesepakatan antara pengusaha dan pekerja minimal sebesar persentase tertentu dari rata-rata konsumsi masyarakat.
  • UMKM diberikan perlindungan agar tidak dikuasai atau dimiliki oleh usaha besar

Pemerintah juga berusaha meningkatkan peluang usaha produk UMKM dengan kemitraan rantai pasok. Insentif dan kemudahan kemitraan juga didorong oleh pemerintah agar terbentuk sinergi antar usaha menengah dan besar dengan usaha mikro dan kecil. Dalam mengembangkan UMKM, pemerintah mengupayakan agar  kegiatan usaha UMKM menjadi jaminan untuk mengakses kredit pembiayaan usaha.

Saat ini, proses pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual lebih mudah dan sederhana. Begitu pula untuk impor bahan baku dan bahan penolong industri dipermudah sekaligus fasilitas ekspor bagi UMKM.

Pemerintah juga mengalokasikan produk UMKM dan koperasi dari hasil produksi dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Selain itu, pemerintah juga memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk mendukung pemberdayaan dan pengembangan UMKM. 

Produk UMKM berkesempatan lebih besar untuk dipasarkan di rest area jalan tol dan infrastruktur publik seperti terminal, bandara, pelabuhan dan stasiun kereta api. Dalam fase pengembangan, pemerintah juga dapat memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM agar mampu mengakses pembiayaan serta menguatkan kapasitas pelaku usaha pemula.

maspewe.id

maspewe.id

Next Post
Manfaat Bekal Anak Untuk Sekolah

Manfaat Bekal Anak Untuk Sekolah

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Plugin Install : Widget Tab Post needs JNews - View Counter to be installed
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Ini Dia Penampakan Perdana OPPO Reno5

Ini Dia Penampakan Perdana OPPO Reno5

28/12/2020
Tahun 2021 Samsung 5G Murah Akan Dirilis

Tahun 2021 Samsung 5G Murah Akan Dirilis

27/12/2020
alergi pada bayi

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

19/12/2020
Kebiasaan Gen Z Saat Bermedia Sosial yang Perlu Diketahui Pemilik Usaha

Kebiasaan Gen Z Saat Bermedia Sosial yang Perlu Diketahui Pemilik Usaha

16/12/2020
  • About
  • Privacy & Policy
contact: webpewe.com@gmail.com

© 2020 maspewe.id

No Result
View All Result
  • Bisnis
  • Travel
  • Lifestyle
  • Kuliner
  • Motivasi
  • Fotografi
  • Kesehatan
  • Properti
  • Teknologi

© 2020 maspewe.id